Dinas Pariwisata Kota Palembang

Pasar tradisional

Beberapa pasar tradisional yang masih menjadi favorit masyarakat kota Palembang serta bagi wisatawan yang ingin melihat lebih dekat potret budaya tradisional kota Palembang sebagai berikut :

  • Pasar Cinde
    Merupakan pasar tradisional tertua di kota Palembang. Arsitektur bangunan yang ada di pasar ini adalah bukti nyata bahwa pasar ini telah berumur ratusan tahun lamanya, berbagai barang kebutuhan terdapat di pasar ini terutama jajanan pasar dari pagi hingga sore tersedia disini. Rasakan suasana tradisional dan khas Palembang di pasar ini.
  • Pasar 16 ilir
  • Inilah pusat perdagangan di kota Palembang, terbesar dan terlengkap. Berbagai dan beragam barang dijual disini, namun jangan kaget bila anda berkunjung ke pasar ini tidak mendapatkan lokasi parkir karena hampir setiap hari penuh dengan pengunjung terutama di akhir pekan, berdesakan dan penuh dengan keringat adalah salah satu ciri khas pasar 16, hingga pedagang dan pengunjung menamakan salah satu area belanjanya dengan “lorong basah” karena setiap pedagang maupun pengunjung dipastikan akan berkeringat basah apabila melalui lorong satu ini. Tidak percaya ? buktikanlah.
  • Pasar sekanak
    Pasar sekanak merupakan pasar yang tidak terlalu luas, lokasinya yang menarik karena berada di pesisir sungai musi layaknya pasar 16 namun disini lebih sedikit penjual dan pembeli juga tidak terlalu ramai. Pisang adalah salah satu komoditi terbanyak yang dijual dipasar ini. Kalau ingat pasar sekanak pasti akan ingat dengan pisang. Satu hal yang menarik disini adalah bangunan tua, ya banyak sekali bangunan tua masih kokoh berdiri di seputaran pasar sekanak, walaupun hanya sekedar gedung toko atau gudang namun terlihat arsitektur zaman kolonial penjajahan belanda dan jepang. Sayang sekali bila punah dimakan usia, semoga saja Pemerintah daerah bergerak cepat untuk melestarikan pasar ini.
  • Pasar terapung
    Tidak banyak yang dapat kita saksikan atau alami bila kita berkunjung ke pasar terapung karena pasar ini hanya terjadi pada waktu waktu tertentu dan tidak rutin terjadi sehingga agak sulit bagi kita untuk menikmati suasana pasar terapung di Palembang, namun tidak salah bila kita berhasil menemukan lokasi dan waktu yang tepat maka itulah keberuntungan kita menyaksikan pasar terapung di Palembang.