New Branding Palembang "the city where culture & river meet in harmony"

New Branding Palembang "the city where culture & river meet in harmony"

New Branding Palembang "the city where culture & river meet in harmony"

Sabtu 17 juni 2017 merupakan hari yang spesial bagi masyarakat kota Palembang karena tepat 17 juni umur kota palembang berusia 1334 tahun yang merupakan salah satu kota tertua di dunia. Dengan status sebagai salah satu kota tertua di dunia tentu kota Palembang memiliki keanekaragaman budaya yang tersebar disepanjang tepian sungai musi dan wilayah kota palembang. Pemerintah kota palembang dalam hal ini Dinas pariwisata kota Palembang telah berusaha mengangkat keanekaragaman dan keunikan budaya tersebut untuk dipromosikan serta dikemas dalam bentuk aneka macam atraksi wisata agar mampu menarik minat wisatawan berkunjung ke kota Palembang.
Pemerintah RI dibawah kepeminpinan Bapak Joko Widodo dan Jusuf Kalla sejak awal telah memutuskan bahwa sektor pariwisata adalah salah satu sektor prioritas penbangunan dan kementerian pariwisata telah menjadi leading sector dalam hal ini. Melalui strategi pemasaran kementerian pariwisata dibawah pimpinan bapak Arif Yahya juga telah menetapkan 3 strategi utama pemasaran yakni Branding, advertising dan selling untuk dapat diaplikasikan seluruh pemerintahan daerah di seluruh Indonesia.
Dinas pariwisata kota Palembang menyikapi hal ini dengan mulai merumuskan penyusunan branding pariwisata kota Palembang di tahun 2016 dengan mempersiapkan rumusan branding menjadi 10 pilihan tagline beserta logo lalu pada tanggal 28 April 2017 akhirnya diselenggarakan forum group discussion (FGD) penyusunan branding pariwisata kota Palembang yang dihadiri seluruh perwakilan stakeholder pariwisata palembang untuk ikut serta merumuskan dan mempersiapkan sebuah branding pemasaran pariwisata kota Palembang sehingga pada akhirnya didapatkan tiga pilihan utama peserta FGD yang akan dilaporkan kepada Walikota dan Wakil Walikota palembang untuk diputuskan yang terbaik bagi branding pariwisata kota palembang tahun 2017.
Tepat 17 Juni 2017 bertempat di Rumah Dinas Walikota Palembang bersamaan dengan acara syukuran HUT kota Palembang ke-1334 tahun maka Branding Pariwisata Kota Palembang secara resmi di launching oleh Bapak Walikota Palembang H. Harnojoyo, dengan demikian satu langkah awal dalam proses pemasaran pariwisata kota Palembang telah sesuai dengan strategi kementerian pariwisata RI dan telah siap untuk dipublikasikan disetiap event kepariwisataan di kota Palembang yang diharapkan mampu meningkatkan angka kunjungan wisatawan kota Palembang tahun 2017.
Adapun makna Branding pariwisata kota Palembang antara lain :
1. Branding memiliki dua komponen utama yaitu logo yang menegaskan identitas kota Palembang terdiri dari bentuk jembatan Ampera, kain songket dan atap rumah limas yang merupakan ikon kota sekaligus pengingat bagi wisatawan domestik maupun mancanegara tentang daya tarik utama kota Palembang.
2. Komponen kedua adalah tagline berupa tulisan kalimat "the city where culture and river meet in harmony". Komponen tagline merupakan sebuah janji yang dinyatakan secara tegas kepada wisatawan domestik dan mancanegara bahwa palembang menjanjikan keanekaragaman dan keberagaman nilai budaya yang dilengkapi keindahan dan keunikan sungai Musi yang membelah kota palembang menjadi dua wilayah namun tetap terjaga penuh rasa aman, nyaman dan bertoleransi dalam keselarasan yang harmonis.
3. Makna warna dalam logo branding yaitu hijau adalah keindahan alam berupa sungai musi yang begitu luas dan panjang serta terletak tepat dijantung kota palembang yang juga dijuluki "Venice of the east" (nature), kemudian warna kuning orange adalah keberagaman dan keanekaragaman budaya (culture) dikota yang berumur 1334 tahun. Warna biru merupakan representasi kota palembang adalah kota yang memiliki kehidupan dan infrastruktur (LRT, jembatan musi 4 dan 6, Jakabaring sport city, dan sirkuit Motogp) yang (modern) khususnya menjelang perhelatan Asian Games 2018. Warna magenta bermakna kota Palembang juga penuh dengan aktifitas petualangan (adventure) khususnya menyusuri keindahan sungai musi yang begitu luas dan menantang untuk ditelusuri. Serta terakhir adalah warna ungu yang menandakan panca indera dimana palembang juga dikenal sebagai icon kota kuliner pempek sebagai daya tarik utama bagi wisatawan yang ingin merasakan keberagaman cita rasa kuliner palembang.
Dengan peluncuran branding baru pariwisata kota Palembang maka sangat diharapkan kepada semua stakeholder pariwisata untuk dapat membantu memperkenalkan, mempromosikan dan mensosialisasikan branding ini kepada seluruh masyarakat kota palembang agar dapat memahami serta ikut membantu mempromosikan kepada seluruh calon wisatawan domestik maupun mancanegara agar berkunjung dan menikmati keanekaragaman budaya ditepian sungai musi serta beragam destinasi wisata utama di kota Palembang.
Mari berwisata ke kota Palembang, the city where culture and river meet in harmony....
salam pesona Indonesia.

Bagikan :