Merindukan Panjat Pinang di hari Kemerdekaan RI

Merindukan Panjat Pinang di hari Kemerdekaan RI

Merindukan Panjat Pinang di hari Kemerdekaan RI

Merdeka !!!! Merdeka !!! Merdeka !!!

Itulah luapan dan ucapan yang pantas pada pesta kegembiraan rakyat dalam rangka menyambut dan memeriahkan Hari Kemerdekaan RI ke-69 di Kota Palembang yang tergambar jelas di kawasan wisata Benteng Kuto Besak Palembang. Seluruh element masyarakat tumpah ruah ikut menyaksikan dan merasakan betapa bersyukurnya seluruh Bangsa dan Negara Republik Indonesia setelah menggapai kemerdekaan yang ke 69.

Begitulah seharusnya pesta Kemerdekaan yang harus dirasakan dan dinikmati setiap rakyat Indonesia saat tanggal 17 Agustus 2014 yang lalu. Disetiap daerah dan pelosok sudut kota bergema dan berwarna dalam menyambut Hari Kemerdekaan, dan tahun ini Pemerintah Kota Palembang melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Palembang hadir ditengah masyarakat untuk bersama-sama memeriahkan acara tahunan tersebut.

Berbagai kegiatan dan terobosan yang dilakukan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Palembang tahun ini digelar dengan tujuan menyemarakkan dan memeriahkan serta mengajak seluruh masyarakat Kota Palembang untuk menikmati dan merasakan indahnya Kemerdekaan yang telah direbut sejak 69 tahun silam.

Rangkaian kegiatan yang telah dilaksanakan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Palembang tahun 2014 ini yang diadakan di kawasan wisata Benteng Kuto Besak Palembang antara lain :

  • Kegiatan Palembang Culture Night atau malam pagelaran seni budaya Palembang pada tanggal 13 Agustus 2014 pukul 19.00 hingga selesai pada pukul 22.00 wib, dimana kegiatan ini mempertunjukkan beragam aksi seni dan budaya khas kota Palembang secara beruntun dan kolosal dimalam hari serta disaksikan masyarakat Kota Palembang sebagai perayaan Kemerdekaan RI ke-69.
  • Kegiatan Festival Telok Abang dilaksanakan pada tanggal 14 Agustus 2014 pukul 09.00 sampai dengan selesai dan diikuti oleh masyarakat terutama kaum muda dari Sekolah dan institusi serta masyarakat pengrajin makanan khas Kota Palembang yang merupakan upaya Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Palembang untuk melestarikan budaya Kota Palembang yang hampir punah.
  • Kegiatan Festival Ketek Hias, inilah kegiatan yang sengaja dilaksanakan untuk memberi perhatian dan  kegembiraan kepada para pemilik ketek hias yang selama ini telah setia menjadi transportasi sungai bagi masyarakat kota Palembang maupun wisatawan  yang berkunjung ke Kota Palembang, terutama menjelang peringatan HUT Kemerdekaan RI ke 69.
  • Kegiatan Biduk Tradisional, Bidar dan Perahu hias, merupakan kegiatan rutin tahunan yang dilaksanakan pada tanggal 16-17 Agustus 2014 dan telah menjadi agenda tahunan wisata di Kota Palembang serta menjadi icon bagi masyarakat Kota Palembang setiap perayaan HUT Kemerdekaan RI ke 69.
  • Kegiatan Festival Panjat Pinang, ini juga salah satu terobosan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Palembang dalam menyambut dan memeriahkan HUT Kemerdekaan RI ke 69. Dilaksanakan pada tanggal 17 Agustus 2014 siang hari pukul 14.00 wib hingga usai di halaman Benteng Kuto Besak disiapkan 25 batang pohon pinang beserta hadiahnya dan diikuti oleh seluruh kecamatan serta beberapa komunitas di Kota Palembang.

Dari rangkaian ini belumlah cukup , bahkan belum usai karena masih akan ada dua kegiatan lainnya menyusul dalam rangka memeriahkan HUT Kemerdekaan RI ke 69. Kegiatan yang dimaksud antara lain :

  • Kegiatan Lomba Paduan Suara Kota Palembang, yang akan dilaksanakan pada tanggal 26 Agustus 2014 berlokasi di Palembang Indah Mall dan diikuti oleh masyarakat umum dari berbagai usia dan daerah di Kota Palembang, jadi bagi anda yang siap dan berminat silahkan hubungi segera panitia pelaksana di kantor Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Palembang.
  • Kegiatan Lomba Lagu Palembang akan dilaksanakan pada tanggal 27 Agustus 2014, juga bertempat di Palembang Indah Mall serta dapat juga diikuti oleh seluruh lapisan masyarakat yang hobi bernyanyi terutama lagu-lagu khas Palembang, jadi jangan lewatkan kesempatan ini yaaaa....

 

Bagikan :